Senin, 24 Juli 2017

Gerak Nasti


Gerak Nasti
  •  Pengertian 

            Gerak Nasti adalah gerak dari sebagian tubuh tumbuhan sebagai tanggapan terhadap rangsang yang datang dari luar, tetapi arah gerak tidak ditentukan oleh datangnya rangsang. 
Rangsangan akan menyebabkan perubahan tekanan turgor yaitu tekanan air pada dinding sel akibat perubahan kadar air dalam sel tumbuhan sehingga sel menjadi gembung/ tegang. Tekanan turgor akan meningkat seiring dengan peningkatan kadar air
  • Macam-Macam Gerak Nasti


      a. Tigmonasti (Seismonasti)

          Timognasti adalah gerak bagian tumbuhan karena rangsangan sentuhan. Contoh: gerak menutupnya daun putri malu (Mimo pudica) karena disentuh dan tumbuhan venus (Dionaea muscipula) yang mengatup apabila ada serangga yang hinggap di permukaan bagian dalam daunya.
 
Hasil gambar untuk seismonasti
Gerak menutupnya daun putri malu (mimo pudica)



         b. Niktinasti
        Gerak niktinasti (nyktos = malam) adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang dari lingkungan di malam hari. Contoh gerak niktinasti adalah gerak menutupnya daun tumbuhan yang tergolong tu polong (Leguminoceae) pada menjelang malam hari. Gerak ini disebabkan oleh perubahan tekanan turgor sel-sel pada jaringan di dalam persendian daun.
Gambar terkait
(a) saat siang hari (b)saat malam hari


         c. Fotonasti
           
          Fotonasti adalah gerak yang melibatkan sebagian atau seluruh bagian tumbuhan karena pengaruh rangsang berupa cahaya. Contoh fotonasti: menguncupnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada waktu matahari terbenam.


contoh Fotonasti

       

       d. Termonasti

          Termonasti merupakan gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang berupa suhu. Contoh termonasti yang terjadi di daerah dingin, misalnya bunga tulip dan bunga crokus yang membuka karena pengaruh suhu. Bunga-bunga tersebut mengembang jika mengalami kenaikan suhu. Jika suhu menurun maka bunga-bunga tersebut akan menutup lagi.

Hasil gambar untuk termonasti
Bunga tulip mekar saat musim semi

        e. Nasti kompleks  

          Nasti kompleks adalah gerak nasti yang dipengaruhi lebih dari satu macam rangsang. Contohnya gerak membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.

Hasil gambar untuk nasti kompleks
(kiri) stomata membuka (kanan) stomata menutup

0 komentar:

Posting Komentar

 

IPA KELAS 8F Template by Ipietoon Cute Blog Design