Selasa, 03 Oktober 2017

Fungsi Akar

Fungsi Akar

Related image 
Akar
Akar adalah bagian tubuh tumbuhan yang terletak di ujung tubuh tumbuhan, akar pada tumbuhan biasanya terletakdidalam tanah, meskipun ada beberapa tumbuhan yang memiliki akar yang tidak tertanam di dalam tanah seperti pada tumbuhan teratai dan juga eceng gondok. Namun kebanyakan tumbuhan memiliki akar yang tertanam dalam tanah.Setiap tumbuhan memiliki jenis akar masing masing seperti akar serabut, akat yang menjalar dan akar yang tunggang. Masing masing akar tersebut memiliki fungsi bagi tumbuhan tersebut. Berikut adalah beberapa fungsi akar tumbuhan Fungsi akar
  • Sebagai alat untuk menyongkong badan tumbuhan agar tumbuhan dapat berdiri dengan kokoh
  • Sebagai alat untuk menyerap kandungan garan mineral, air, dan juga zat hara yang ada di dalam tanah 
  • Sebagai alat pengangkut zat makanan dan juga air 
  • Sebagai alat respirasi untuk tumbuhan tertentu 
  • Sebagai alat untuk menyimpan cadangan makanan

Ciri-Ciri Akar

  1. Akar ialah bagian tumbuhan yang biasanya ada di dalam tanah, pertumbuhan akar ke arah dalam tanah. Pada umumnya akar menjauhi cahaya pertumbuhannya akan menjadi lebih cepat.
  2. Akar tidak seperti batang dan juga daun yang mempunyai warna hijau karena pada daun mengandung klorofil, warna akar ialah keputih-putihan atau kekuning-kuning.
  3. Pertumbuhan terjadi di ujung akar yang merupakan suatu titik pertumbuhan primer dimana disana terdapat jaringan meristimatik, serta mekanisme dominasi apikal yang terjadi pada akar.
  4. Ujung akar mempunyai bentuk yang meruncing dan berfungsi guna menembus tanah serta memecahkan bebatuan.


Jenis-Jenis Akar

Jenis-Jenis Akar
Secara umum, terdapat 2 jenis akar antara lain : 
  1. Akar Serabut
  2. Akar serabut terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun terkadang, tumbuhan yang dikotil juga dapat mempunyainya (tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan melalui cara cangkok atau dengan stek). Fungsi utama dari akar serabut ialah agar dapat memperkokoh berdirinya tumbuhan.

  3. Akar Tunggang
  4. Akar tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar tunggang mempunyai fungsi utama yaitu guna menyimpan makanan. Contoh : wortel, ubi dan sebagainya.

    Modifikasi Akar :
    Modifikasi Akar
    1. Akar Gantung
    2. Akar gantung tumbuh dari mulai bagian atas batang serta tumbuh ke arah tanah. Akar gantung terlihat menggantung di udara. Akar gantung tersebut mempunyai fungsi guna menyerap uap air serta gas yang ada di udara. Namun, apabila akar gantung telah mencapai tanah, akar gantung tersebut akan masuk ke dalam tanah serta berguna untuk menyerap air dan garam mineral di dalam tanah. Tumbuhan yang mempunyai akar gantung misalnya beringin.
    3. Akar Napas
    4. Akar napas ialah akar yang tumbuh keluar dari batang pada bagian bawah. Akar napas sebagian muncul di permukaan tanah dan juga ada sebagian lagi berada di dalam tanah. Akar tersebut dapat terlihat seperti sedang menopang tegaknya batang. Akar napas memiliki banyak celah tempat untuk masuknya udara. Sehingga akar napas mempunyai fungsi untuk bernapas. Tumbuhan yang mempunyai akar napas contohnya pada tumbuhan bakau dan pandan.
    5. Akar Pelekat
    6. Akar pelekat ialah akar yang tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat ada pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar pelekat mempunyai fungsi guna melekatkan batang pada tembok atau tumbuhan yang lainnya. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan sirih.



Read more: http://woocara.blogspot.com/2015/10/pengertian-akar-fungsi-akar-bagian-bagian-akar.html#ixzz4uVKGvuF7




0 komentar:

Posting Komentar

 

IPA KELAS 8F Template by Ipietoon Cute Blog Design