Kamis, 12 Oktober 2017

Pewarna

PewarnaRelated image
pewarna alami
Image result for Pewarna alam dan buatan
pewarna buatan 

Bahan pewarna makanan dibagi menjadi dua macam yaitu pewarna alami dan pewarna buatan. Untuk mengetahui kedua jenis pewarna tersebut, simak penjelasan berikut ini!
1. Pewarna Alami
Pengertian pewarna alami adalah pewarna makanan yang diperoleh dari alam. Contohnya pewarna dari tumbuhan dan hewan. Contoh pewarna alami dari tumbuhan adalah daun suji dan daun pandan yang digunakan sebagai pewarna hijau pada makanan. Kelebihan pandan sebagai pewarna juga membuat makanan lebih sedap baunya. Contoh lain adalah kunyit, yang memberikan warna kuningpada makanan. Wortel juga bisa digunakan sebagai pewarna alami warna orange.
Kelebihan pewarna alami dibanding pewarna buatan adalah lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi bahkan memberikan dampak kesehatan yang sangat baik bagi tubuh kita. Misalnya pada kunyit, bisa dijadikan pewarna sekaligus sebagai jamu.
Berikut ini contoh pewarna alami yang ada di alam :
1. buah anggur dan buah murbei memberikan warna biru
2. kunyit memberikan warna kuning
style="font-family: Arial, sans-serif;">3. wortel memberikan warna orange
4. buah naga memberikan warna merah hati
5. arang memberikan warna hitam
6. kakao memberikan warna cokelat
7. daun jati muda memberikan warna merah
2. Pewarna Buatan
Pewarna buatan adalah pewarna yang dibuat dari bahan-bahan kimia. Keunggulan pewarna buatan adalah lebih praktis, lebih murah harganya, warna lebih kuat, dan bisa menghasilkan warna yang banyak.
Pewarna buatan ada yang aman digunakan dan ada yang tidak aman digunakan. Contoh pewarna buatan yang aman adalah Tartrazin memberikan warna kuning pada makanan atau minuman. Contohnya pada minuman dengan rasa jeruk terdapat Tartrazin. Contoh pewarna buatan yang telah dilarang oleh pemerintah adalah Rhodamin B yang memberikan warna merah. Pemerintah melarang peredaran Rhodamin B sebagai pewarna buatan karena mengandung zat karsinogen yang dapat mengakibatkan kanker.
Contoh bahan pewarna buatan :
1. Methanil Yellow warna kuning
2. Carmoisine warna merah
3. Tartrazine warna kuning
4. Amaranth warna merah
5. Ponceau 4R warna merah
6. Malachite Green warna hijau
7. Indigo Carmine warna biru.
sumber:http://www.pakmono.com/2017/01/contoh-bahan-pewarna-alami-dan-buatan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

IPA KELAS 8F Template by Ipietoon Cute Blog Design