Selasa, 03 Oktober 2017

Fungsi Daun

Image result for gambar struktur daun



Daun
 Daun merupakan salah satu organ penting tumbuhan selain akar dan batang. Daun merupakan hasil pertumbuhan lateral batang yang tumbuh dari jaringan meristematik tunas. Daun biasanya berwarna hijau (karena banyak mengandung zat hijau daun atau yang biasa disebut klorofil), berbentuk tipis melebar dan mempunyai fungsi utama sebagai ‘dapur’ pada tumbuhan. Di daun inilah makanan untuk tumbuhan ‘dimasak’ melalui proses fotosintesis. Selain berfungsi sebagai tempat pemasakan, daun ternyata juga memiliki beberapa fungsi lain yang tak kalah penting untuk diketahui. Apa saja fungsi-fungsi daun tersebut? Simak uraiannya berikut!
Fungsi Daun Bagi Tumbuhan
  1. Tempat terjadinya fotosintesis.
    pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  2. Sebagai organ pernapasan. atau respirasi
    Di daun terdapat stomata yang befungsi sebagai organ respirasi. Stoma mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Stoma ibarat hidung kita dimana stoma mengambil CO2 dari udara dan mengeluarkan O2, sedangkan hidung mengambil O2 dan mengeluarkan CO2. Stoma terletak di epidermis bawah. Selain stoma, tumbuhan tingkat tinggi juga bernapas melalui lentisel yang terletak pada batang. 
  3. Tempat terjadinya transpirasi.
    Transpirasi merupakan proses menguapnya air pada daun. Proses transpirasi terjadi pada daun lewat stomata atau mulut daun yang terdapat pada permukaan daun, dan lebih banyak pada permukaan daun bagian bawah 
  4. Tempat terjadinya gutasi.
    Tempat keluarnya cairan dari dalam tumbuhan. 
  5. Alat perkembangbiakkan vegetatif.
    Daun dapat dijadikan bagian untuk memperbanyak tanaman. contohnya pada tanaman cocor bebek, dan seiring dengan kemajuan teknologi dari sehelai daun dengan teknik kultur jaringan bisa menjadi ribuan individu baru yang sama dengan induknya

0 komentar:

Posting Komentar

 

IPA KELAS 8F Template by Ipietoon Cute Blog Design